SISTEM PENILAIAN POKTAN DIGITAL
⏳ Memproses Data...
Mohon tunggu sebentar

INSTRUMEN PENILAIAN KELAS KEMAMPUAN

KELOMPOK TANI (POKTAN)

:
:
:
:
:
:
:
:
NO ASPEK DAN INDIKATOR SKOR MAX NILAI BUKTI FISIK KET
LAMABARU
IKEMAMPUAN MERENCANAKAN200
1a. Rencana Belajar
1. Ada Rencana Belajar, Tidak Tertulis
(0-15)
2. Ada Rencana Belajar Tertulis, Melibatkan Unsur dalam Poktan
(16-25)
3. Ada Rencana Belajar Tertulis, Melibatkan Petani/Poktan lain
(26-35)
4. Ada Rencana Belajar Tertulis, Melibatkan Petani/Poktan dan Lembaga/Instansi Lain
(36-50)
50
2b. Rencana Usaha
1. Ada Rencana Usaha, Belum Tertulis
(0-50)
2. Ada Rencana Usaha Tertulis, Berorientasi Pasar
(51-75)
3. Ada Rencana Usaha Bersama Tertulis, Ada Jejaring
(76-100)
4. Ada Rencana Usaha Bersama, Dan Bermitra (MOU)
(101-150)
150
IIKEMAMPUAN MENGORGANISASI150
1a. Struktur Organisasi
1. Sederhana (Ketua, Sekretaris, Bendahara)
(0-10)
2. Komplek (Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Seksi-seksi)
(11-15)
3. Komplek, Ada Pembagian Tugas
(16-20)
4. Komplek Ada Pembagian Tugas dan di Jalankan dengan Baik
(21-25)
25
2b. Aturan dan Norma
1. Ada Aturan dan Norma Tidak Tertulis
(0-10)
2. Ada Aturan dan Norma Tertulis, Tidak di laksanakan
(11-15)
3. Ada Aturan dan Norma Tertulis, di laksanakan
(16-20)
4. Ada Aturan dan Norma Tertulis, di laksanakan ada sanksi
(21-25)
25
3c. Administrasi Pembukuan
1. Administrasi Pembukuan Sederhana : 5 Buku
(0-25)
2. Administrasi Pembukuan Lebih Lengkap: 7 Buku
(26-50)
3. Administrasi Pembukuan Lebih Lengkap dan terisi dengan tertib: 8 Buku
(51-75)
4. Administrasi Pembukuan Lengkap dan terisi dengan tertib meliputi 9 Buku
(76-100)
100
IIIKEMAMPUAN MELAKSANAKAN KEGIATAN400
1a. Pertemuan Rutin
1. Pertemuan Tidak Rutin / < 50 %
(0-10)
2. Pertemuan rutin > 50 %, Materi Usaha Hulu-Hilir
(11-20)
3. Pertemuan Setiap bulan >75%, Ada Notulen
(21-30)
4. Pertemuan 2 minggu sekali, ada notulen
(31-40)
40
2b. Pelaksanaan Belajar
1. Melaksanakan Belajar
(0-15)
2. Melibatkan unsur dari dalam poktan
(16-25)
3. Melibatkan unsur dari dalam poktan dan petani lain
(26-35)
4. Melibatkan unsur dari dalam poktan, petani lain, lembaga lain
(36-50)
50
3c. Melaksanakan Usaha
1. Usaha kebutuhan sendiri
(0-50)
2. Usaha bersama berorientasi pasar
(51-100)
3. Usaha bersama, terintegrasi, ada jejaring
(101-150)
4. Usaha bersama, SPT, bermitra (MoU)
(151-200)
200
4d. Pemupukan Modal
1. Modal dari anggota
(0-10)
2. + Penyisihan hasil usaha
(11-20)
3. + Dari lembaga keuangan
(21-30)
4. + Mitra usaha
(31-50)
50
5e. Pelayanan Informasi
1. Lingkup Poktan
(0-10)
2. Berbagai sumber
(11-20)
3. Berbagai sumber berbasis IT
(21-45)
4. Berbagai sumber berbasis IT untuk masyarakat
(46-60)
60
IVKEMAMPUAN PENGENDALIAN100
1a. Evaluasi Usaha Kelompok
1. Melakukan Evaluasi tidak tertulis
(0-10)
2. Melakukan Evaluasi tertulis, internal
(11-40)
3. Melakukan Evaluasi tertulis, +pihak lain
(41-80)
4. Melakukan Evaluasi tertulis, +lembaga/instansi
(81-100)
100
VMENGEMBANGKAN KEPEMIMPINAN150
1a. Kapasitas & Pengkaderan
1. Ada Pengembangan Kapasitas SDM
(0-30)
2. Ada Calon Pengganti Pengurus
(31-50)
3. Ada Pergantian Pengurus Rutin
(51-80)
4. Pergantian dengan Kemampuan Manajerial
(81-150)
150
JUMLAH NILAI PEROLEHAN
C. PENILAIAN KELAS KEMAMPUAN
BERDASARKAN HASIL PENILAIAN, MAKA KELAS KELOMPOK TANI ADALAH:
LAMA
BELUM DINILAI
Total: 0
BARU
BELUM DINILAI
Total: 0
Ketua Kelompok Tani,
( ..................................... )

Penilai / Penyuluh Pertanian,
( ..................................... )
NIP. ..................................